Adsense header

anekacarapraktis.blogspo.com
 Dijaman modernisasi yang serba digital ini,  layar komputer sudah tidak bisa terpisahkan lagi dengan kehidupan kita sehari-hari, mulai dari layar  ukuran kecil seperti, handphone, smartphone hingga layar ukuran  besar seperti, laptop dan komputer  hampir di setiap kita melangkah kita menemukan orang yang menggunakan layar tersebut. Apalagi penggiat internetan seperti saya hampil seharian dan bahkan sampai tengah malam fulltime di depan komputer menulis dan mendesain website.

Jadi diera globalisasi yang super canggih dan serba layar digital  sekarang ini selain  pekerja kantor dan  mahasiswa   yang selalu berhubungan dengan layar komputer masyarakat biasa juga sudah selalu berhadapan dengan layar komputer.

Untuk itu  saya akan berbagi  sedikit pengalaman tentang apa yang saya alami saat melakukan kegiatan yang hampir satu hari full di depan layar monitor komputer. Dan ini saya lakukan  sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu  hingga sekarang ini. 

Perlu diketahui menatap layar komputer secara terus-menerus bisa saja mengubah bentuk retina mata karena ketegangan  saat  anda terus melihat monitor layar komputer anda, biasanya jika mata terlalu lelah berhadapan dengan layar komputer maka akan terasa panas dan mengeluarkan air mata.

Oleh karena itu tak perlu panjang lebar  saya akan segera menjelaskan  mengenai tips yang saya lakukan sehingga sampai sekarang saya masih tetap rileks dan santai di depan komputer. Kendatipun  setiap hari saya  melakukan kegiatan di depan layar monitor hampir fulltime,  namun Alhamdulillah masih dalam keadaan sehat wal afiat.  Berikut tips yang saya lakukan untuk  terhindar dari radiasi komputer, :




Pertama ,sebelum saya memulai mengoperasikan komputer, jiks teringat, maka tips pertama yang saya lakukan adalah   berdoa sejenak kepada Tuhan,  agar diberikan kemudahan dan kesehatan dalam menjalankan kegiatan di depan layar komputer.

Kedua , termasuk mengatur  kontras  atau  ukuran cahaya  komputer  saya sesuai dengan selera mata, kalau saya senangnya yang remang-remang saja kalau terlalu terang mata saya jadinya sakit begitupun jika terlalu gelap jadi saya pilih yang remang.

Ketiga, saya sering mengedipkan mata saat lagi mengarahkan pandangan ketika konsentrasi  menatap gambar maupun tulisan  yang sedang saya ketik.  Pengalaman ini  saya dapatkan juga dari internet, yang kemudian saya padukan dengan cara yang saya eksperimenkan sendiri, namun alhasil sudah hampir dua tahun saya merasakan hasilnya.

Ke,empat. saat saya membuka situs yang kelamaan terbuka di internet  maupun saat saya sedang mendownload   file yang durasinya panjang misalnya,  ketika saya  mendownload (menginstall)
 aplikasi coreldraw, saat proses download berjalan .saya mengalihkan pandangan dan perhatian ditempat lain, agar perhatian pindah maka hal yang saya lakukan  saat proses  download sedang berjalaan yakni, saya berbidiri melakukan kegiatan lain sejenak seperti, menyapu, membuat Teh atau kegiatan lainya yang bisa membuat pandangan dan perhatian tidak tertuju di layar komputer.

 Kelima, saat mata saya terasa ketebalan dan mengeluarkan air mata maka hal yang saya lakukan adalah segera  mencuci  muka sambil  memejamkan mata.  Cara ini biasa  saya lakukan dengan mengulangi beberapa kali sampai terasa segar.

Ke,enam, saya  mengatur cahaya ruangan yang sesuai dengan selera mata saya, kalau untuk yang saya gunakan ukuran cahayanya  50 watt menggunakan lampu phlips

Ketujuh, saat  mata dan tubuh saya terasa lelah dan capek  saya segera  berhenti untuk istrahat sejenak sampai saya merasa fid kembali.

Kita ketahui istirahat adalah pilihat paling tepat ketika merasa lelah sebab istrahat akan membantu mata bersantai setelah mengalami ketegangan di depan layar monitor komputer., olehnya itu jangan melakukan kegiatan dengan  bekerja selama berjam-jam tanpa  pernah istirahat sejenak, sebab semua organ yang ada di dalam tubuh anda butuh istrahat yang cukup.

Oke itulah sedikit tips pengalaman yang saya lakukan hingga terbukti saya tetap merasa rileks dalam mengerjakan apa yang menjadi kebutuhan dilayar komputer saya. Terima kasih atas kunjungannya jangan lupa klik tombol reaksi sesuai dengan tanggapannya.






Previous Post Next Post
loading...