Adsense header


Siapakah diantara Manusia yang  telah berjasa pada Sistim Jaringan ilmu Komputer maupun  IT hingga kita dapat memanfaatkan sekarang ini???. 

Sebelum menjawab hal ini mari kita simak fungsi sistem jaringan computer,  tentunya  kita telah mengetahui jaringan komputer  yang merupakan jaringan telekomunikasi  yang membagi  antar jaringan komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Dengan kata lain tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer untuk dapat meminta dan memberikan service layanan .


Pihak yang meminta dan menerima layanan dinamakan  klien.  Dan yang mengirimkan  layanan disebut peladen atau biasa di sebut Server.

Misalkan dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah jaringan melalui kartu  saat  dihubungkan melalui kabel ataupun tanpa kabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak dengan sistim operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer .

Lalu siapa saja diantara mereka,  yang telah berjasah pada sistem jaringan ini?.

Siapakah diantara mereka ?. Berikut  inilah diantara mereka yang telah dikarunia otak dan tangan-tangan kreativ Dari Tuhan hingga namanya dapat dikenang pada ilmu Komputer sepanjang masa;

Charles Babbage (lahir pada 26 Desember 1791 dan meninggal 18 Oktober 1871) merupakan   salah seorang ilmuwan pelopor yang pertama kali menemukan dan menciptakan ilmu komputer dimana hasil temuannya merupakan icon yang dapat dikenang dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama di dunia, sehingga Charles Babbage juga terkenal dengan julukan Bapak Komputer.

Dan seiring perkembangan saman ilmu komputer makin mengalami perubahan dengan munculnya  sejumlah tokoh-tokoh ilmuwan komputer yang berjasa mengembangkan ilmu yang ditemukan Charles Babbage ini.

 Pada perkembangan saman komputer tersebut memang banyak  mengalami pengembangan  hingga memasuki generasi pertama, kedua, ketiga, ke empat dan tentu diera tersebut telah banyak ilmuwan komputer yang berjasa mengembangkannya hingga sekarang pada generasi kelima ini, dimana komputer semakin canggih karena sistim penyimpanan datanya semakin besar dan canggihnya hardware atau bentuk pisiknya semakin kecil. Begitupun ilmu internet IT kini  dapat diakses diberbagai perangkat lunak, dimana pada sistim pengembangan ini ilmu komputer dapat berinterkasi dan berbahasa langsung dengan manusia.

Entah kita tidak tahu nanti pada generasi berikutnya sistim jaringan komputer bisa saja lebih canggih dari yang sekarang, dan tentu mulai dari pertama hingga  generasi kelima ini mereka para pengembang dan penemu yang telah berjasah patut kita berterima kasih, Seperti, Bill Gates yang lahir pada 28 oktober 1955 merupakan penemu dan pengembang  (Microsoft), dimana hasil karyanya dapat  digunakan di Kantor setiap hari, kemudian  Larry Page dan Sergey Brin (Google) mereka yang telah berjasa menciptakan Google sebagai mesin pencari internet dan sudah menjadi kebutuhan  dalam setiap kali  kita mencari ilmu dan informasi melalui browser Google, Larry Page (lahir 26 Maret 1973) sedangkan Sergey Brin lahir pada 21 Agustus 1973 dan masih banyak ilmuwan komputer dan IT yang berjasah yang tidak sempat penulis uraikan.



Previous Post Next Post
loading...