Adsense header

Bahkan menulis  pun dapat bermanfaat untuk orang lain yang penting tulisan  tujuanya baik dan tidak hoax
Coba Bedakan 2 Kelakuan, Mana yang Bermanfaat Untuk Orang Lain

Perhatikan 2 Contoh  Perbuatan dibawah ini.  

-Seorang Petani sawah kerjanya setiap hari kesawah menanam Padi dan setelah panen  hasilnya sebahagian dia jual kepada orang lain atau Pedagang.  

-Seorang preman kerjanya setiap hari minum minuman keras dan setelah mabuk preman tersebut mengamuk dan memukul orang yang ada di dekatnya.

Dari kedua prilaku diatas,  tentu saja  yang bermanfaat untuk orang lain adalah Petani, karena apa yang telah dilakukannya  dapat bermanfaat kepada pedagang karna Pedagang bisa membeli Padi dari hasil kelakuan Petani, dan tidak  hanya pedagang yang dapat hasilnya tapi setelah memproses padinya melalui  pabrik setelah menjadi beras lalu berasnya di jual lagi kepada orang lain maka secara otomatis Petani yang tadi telah bermanfaat, pertama pada dirinya, kedua, keluaraganya ketiga, Pedagang hingga kepada semua orang yang membeli beras dari pedagang.

Sementara contoh kedua tadi, Orang  yang kerjanya hanya sukanya meminum  minuman keras,  untuk dirinya sendiri saja dia telah merugi, mulai dari kesehatannya, wibawa pada keluarganya hingga mengganggu orang lain.

Jadi  untuk bisa bermanfaat dengan  orang lain banyak hal yang bisa di lakukan, tergantuntung dari keahlian masing-masing, yang penting keahlian bukan sesuatu tindakan yang melanggar laranagan, baik larangan Agama maupun laranga Hukum.

Coba kita cermati kata-kata bijak dari Ki Hadjar Dewantara ini,  Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya.

Sebagai manusia  yang dikaruniai akal budi, untuk senantiasa berusaha dan bekerja keras ,untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga. Setiap pencapaian yang bersifat positif apapun bentuk dan coraknya, senantiasa menghadirkan kegembiraan dan rasa syukur. Tidak hanya dalam hati kita saja secara pribadi, tapi juga bagi seluruh anggota keluarga kita dan orang orang yang ikut merasakan dan menikmati hasil dari apa yang kita perbuat.


Previous Post Next Post
loading...